ITS Bagikan 6.300 Masker Kain kepada Masyarakat Sekitar Kampus

- 21 April 2020, 19:47 WIB
ITS Bagikan 6.300 Masker Kain kepada Masyarakat Sekitar Kampus

PORTALSURABAYA.com- Turut andil dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 19 (Covid-19), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membagikan 6.300 masker kain kepada masyarakat sekitar dan mahasiswa ITS yang masih berada di Surabaya, Selasa (21/4).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 ITS, Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, Alumni FTK ITS (Alfatekelits), dan juga Direktorat Kemahasiswaan ITS, dilakukan di tiga titik kelurahan, yaitu Kelurahan Keputih, Kejawan dan Gebang.

Pembagian sebanyak 6.300 masker ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih dari sivitas akademika ITS, khususnya pada masyarakat di sekitar ITS.

Dalam sambutannya, Dr Eng Trika Pitana ST MSc, Dekan FTK ITS mengungkapkan bahwa masih banyak penduduk yang tidak mampu membeli masker.

“Jika kita lihat di jalan, masih banyak yang tidak menggunakan masker padahal pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk wajib menggunakan masker,” ungkapnya.

Setelah memutuskan untuk melakukan donasi masker, pencarian dana dilakukan melalui alumni dan sivitas akademika di FTK yang dimulai sejak Kamis (2/4) lalu.

“Kita juga berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 ITS yang turut memberikan hand sanitizer sebanyak 400 botol dengan ukuran 100 ml, jadi tak hanya masker kain yang didonasikan,” imbuh dosen Departemen Teknik Sistem Perkapalan ini.

Lebih jauh Trika menjelaskan, masker yang dibagikan mayoritas berbahan kain katun sehingga bisa dicuci dan dipakai kembali. Masker kain tersebut diproduksi oleh beberapa penjahit yang telah dipilih sebelumnya. Nyatanya, saat ini banyak penjahit yang tidak mendapat pesanan, sehingga penghasilan pun tak ada.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X