Pemkab Malang Bangun SPAM di Desa Segaran Untuk Atasi Kekeringan Musim Kemarau

- 11 Juni 2021, 10:03 WIB
Bupati Malang HM Sanusi saat melakukan pelatakan batu pertama atas dimulainya pembangunan SPAM di Desa Segaran, Kec Gedangan, Kab Malang.
Bupati Malang HM Sanusi saat melakukan pelatakan batu pertama atas dimulainya pembangunan SPAM di Desa Segaran, Kec Gedangan, Kab Malang. /Istimewa/

PORTALSURABAYA.COM - Desa Segaran, Kecamatan Gedangan, kabupaten Malang kedepan pastinya tidak akan mengalami kekeringan lagi.

Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang telah membangun bak penampung air, sebagai alternatif dalam mengatasi kekeringan di kawasan yang selama ini kerap mengalami kekeringan itu.

Baca Juga: Ketua DPRD Surabaya Positif Covid-19: Mohon Doanya  

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan bak penampung air itu guna mendukung proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sumber Kaligoro yang berada di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

“Pembangunan SPAM itu nantinya untuk mengatasi Kekeringan di wilayah Malang Selatan,” ungkapnya, Kamis (10/5/2021).

Baca Juga: Dikabarkan Positif Covid-19, Anggota DPRD Surabaya Bantah Ada Lockdown  

Artinya, lanjut Syamsul pembangunan SPAM tersebut sebagai upaya Pemkab Malang dalam memperluas cakupan air bersih di wilayah Malang Selatan.

Spesifikasi bak penampung air Sumber Kaligoro memiliki  kapasitas air sebesar 3000 meter kubik (m3). Dengan spesifikasi itu nantinya bisa mensuply air bersih di dua kecamatan, yakni Gedangan dan Sumbermanjing Wetan.

Baca Juga: Khofifah Sampaikan Hal Ini Usai Rakor dengan Forkopimda di Bangkalan

"Bak penampung air ini akan mendistribusikan air sebanyak 150 liter per detik, sedangkan pembangunannya kita lakukan tiga tahap, dan untuk tahap pertama diharapkan bisa selesai dalam waktu enam bulan," bebernya.

Total anggaran untuk kebutuhan investasi pembangunan SPAM Kaligoro mencapai Rp103 miliar, berasal dari dana penyertaan Pemkab Malang. Sedangkan pemerintah setempat mengaku siap mengucurkan dana penyertaan modal sebesar Rp 20 miliar, yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur SPAM Kaligiro, seperti intike dan lainnya.

Baca Juga: Ajak Generasi Milenial Contoh Figur Bung Karno, Untag Surabaya Gelar Sarasehan Nasional Kebangsaan

"Dana penyertaan tersebut untuk pembangunan tandon air dan pemasangan pipa untuk menjangkau pelanggan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Gedangan," katanya.

“Sumber Kaligoro mampu untuk mencukupi atau memasok kebutuhan air bersih sebanyak 20.000 Sambungan Rumah (SR). Dan untuk debit Sumber Kaligoro mencapai 400 liter/detik, tapi kami akan memanfaatkan sebanyak 150 liter/detik,” sambungnya.

Baca Juga: Kunjungan ke Bawean, Bupati Gresik Gagas Jalur Poros Tengah
 
Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi berharap kebutuhan air bersih di wilayah Malang Selatan nantinya bisa tercukupi, terutama pada musim kemarau yang acapkali mengalami kekeringan.

“Semoga ketersedian air bersih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seiring dengan mudahnya masyarakat Malang Selatan mendapatkan air bersih melalui pembangunan SPAM ini,” singkat Sanusi.

Editor: Imron Haqiqi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X