Masa Pandemi, Pangsa Pasar Isuzu Malah Meningkat

- 29 Juni 2020, 20:29 WIB

PORTALSURABAYA.com - Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang untuk seluruh pelaku bisnis di sebagian industri, tidak terkecuali industri otomotif. Berdasarkan data Gaikindo untuk retail sales, market otomotif sampai dengan bulan Mei 2020 ini, market sudah mengalami penurunan sampai 40%, dimana penurunan terbesar ada di segment kendaraan penumpang non sedan, seperti MPV dan SUV.

Hal ini sedikit berbeda dari pola yang biasa terjadi dengan pergerakan makro ekonomi, dimana biasanya pergerakan terjadi paling besar terdapat di segment kendaraan komersial. Pandemi Covid-19 memiliki domino efek yang bukan saja berdampak dari segi kesehatan, akan tetapi berdampak langsung pada perekonomian Indonesia.

Melihat pola konsumsi masyarakat akan menahan pengeluaran pribadi, mengamankan diri sehingga pengeluaran untuk pembeliaan kendaraan menjadi urutan kesekian. Namun hal ini berbeda dengan segmen kendaraan komersial, sebagai penopang dari pergerakan logistik dan distribusi ditengah pandemi kebutuhan akan logistik tetap dan distribusi retail justru meningkat mengakibatkan pertumbuhan pada segmen bisnis ini.

Bagaimana dengan Isuzu? Isuzu Indonesia juga mengalami penurunan seperti brand otomotif lainnya. Sampai dengan YTD Mei 2020, Isuzu melakukan penjualan sebesar 6.792 unit, turun 27.9% dibandingkan YTD 2019, dengan market share yang naik dari 2.4% menjadi 2.6%. Walaupun seluruh produk Isuzu mengalami penurunan penjualan, akan tetapi dari sisi market share, Isuzu justru mengalami kenaikan. Seperti Isuzu Traga dengan market share 24.8%, Isuzu Elf di 22.5% dan Isuzu GIGA di 15.5%.

Menurut Attias Asril, General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia “Kami cukup bersenang karena Isuzu sudah semakin diterima di kalangan para pebisnis logistik. Karena ditengah pandemi, segmen yang masih tetap berjalan seperti segment logistic dan sitributor retail justru tumbuh pesat. Harapan kami Isuzu bisa menjadi partner sejati dalam setiap langkah perjalanan customer menuju sukses dan dengan Isuzu sebagai partner bisnis mereka, kendaraan komersial Isuzu bisa memaksimalkan keuntungan bisnisnya”.

Editor: Rahmanto Elfian


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X