Suzuki Baleno Facelift Buatan India, Tidak Laku di Pasar Jepang

- 23 Mei 2020, 14:48 WIB
Foto : Argo

PORTALSURABAYA.com – Selain Suzuki Ignis dan SX-4 S-Cross yang diproduksi di India, Suzuki Baleno juga adalah mobil hatchback yang diproduksi di India untuk beberapa pasar internasional seperti Indonesia dan Jepang.

Meski Suzuki Baleno sukses merajai pasar mobil di India, tapi kenyatannya kendaraan paling laris di India ini justeru tidak laku di negeri asalnya Jepang.

Seperti dikutip Otomotif1.com, sejumlah alasan akhirnya menjadi alasan kenapa Suzuki Baleno tidak laku di pasar Jepang. Salah satu alasan yang paling relevan karena Suzuki Baleno yang mengusung brand Jepang, ternyata tidak kental dengan nuansa Jepang seperti yang ditampilkan oleh Suzuki Baleno sebelumnya.

Inilah yang menjadi alasan Suzuki Baleno pada Juni 2020 akan di stop alias disuntik mati untuk pasar Jepang.

Perlu dicatat di sini bahwa tidak seperti India, yang mendapatkan versi facelift dari Baleno, Suzuki telah menjual model pra-facelift di Jepang. Baleno adalah satu-satunya mobil yang diimpor Suzuki ke Jepang dari India sejauh ini.

Selain itu, Suzuki Baleno yang didatangkan untuk pasar Jepang tidak dengan opsi 4WD, bahkan teknologi SHVS hybrid ringan pun tidak disematkan untuk produksi pasar Jepang.

Suzuki Baleno telah dijual di Jepang sejak Maret 2016 dan sekarang, setelah lebih dari empat tahun, sepertinya akhir karir hatchback ini akhirnya sudah dekat. Mobil itu diimpor dari India.

Di Indonesia sendiri, Suzuki Baleno juga dipasarkan secara resmi oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS). Didatangkan langsung dari India secara CBU, Suzuki Baleno sendiri baru mendapatkan pembaharuan di penghujung tahun 2019 silam.

Pada saat peluncuran, Baleno hanya dijual dengan mesin Dualjet 1.2 liter K12C, yang tersedia di India dengan pengenalan facelift. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 91 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 118 Nm pada 4.400 rpm. Baleno spec Jepang hanya tersedia dengan opsi CVT.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X