Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sulawesi dan Sumatera, Bom Waktu yang Siap Meluluh Lantakan Indonesia

- 14 Oktober 2020, 18:32 WIB
Ilustrasi letusan gunung api bawah laut.portalsurabaya /

PORTALSURABAYA.com - Indonesia dan Amerika pernah melakukan ekspedisi bersama di lautan dalam di perairan Sangihe, Sulawesi Utara. Dari ekspedisi tersebut, berhasil memetakan sebuah gunung api bawah laut.

Penelitian dengan menggunakan sonar multicahaya kapal penelitian Okeanos milik NOAA, berhasil menemukan gunung api yang memiliki ketinggian sampai 10 ribu kaki atau lebih dari 3.000 meter.

Dengan mengguanakan kamera yang dikendalikan dari jarak jauh oleh kapal tersebut untuk mengambil gambar dengan definisi tinggi (high definition) di kawasan Kawio Barat yang mengacu pada wilayah perairan barat Kepulauan Kawio, Kabupaten Sangihe.

“Ini adalah sebuah gunung berapi yang besar dan lebih tinggi daripada semua gunung di Indonesia kecuali tiga atau empat lainnya, dan menjulang lebih dari sepuluh ribu kaki dari dasar laut di dalam perairan dan terletak di kedalaman lebih dari 18 ribu kaki,” kata Jim Holden, Ketua Ilmuwan AS untuk misi awal ekspedisi bersama ini, dan seorang ahli mikrobiologi dari University of Massachusetts di Amherst, yang turut serta dalam ekspedisi dari Exploration Command Center di Jakarta, Indonesia.

Baca Juga: Tamat Riwayat, BMKG Peringati 6 Wilayah Berikut Bahaya Tsunami!

Jika membandingkan Gunung Semeru yang tertinggi di Pulau Jawa memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Namun ketinggian ini diukur berdasarkan level permukaan laut, bukan dari dasar lembah dari gunung. Sementara ketinggian gunung bawah laut yang ditemukan di Sangihe ini diukur dari lembahnya.

Petakan Dasar Laut Indonesia

Sejauh ini, Okeanos Explorer telah memetakan 2.400 mil persegi dasar laut di Indonesia, wilayah yang luasnya setara dengan luas Delaware.

Kemudian pada pertengahan Juli, kapal riset dan perikanan milik Indonesia Baruna Jaya IV akan memetakan lebih banyak dasar laut dan menempatkan peralatan di kepulauan Kawio sebelum kedua kapal bertemu di Pelabuhan Bitung.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X