Anies Baswedan Akhirnya Menjawab Permintaan Luhut Panjaitan Terkait Pengajuan Klaim RS

- 1 Oktober 2020, 11:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Youtube Anies Baswedan

PORTALSURABAYA.com – Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Panjaitan meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mempercepat pembayaran klaim perawatan pasien Covid-19.

“Saya minta BPJS segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan verifikasi data rumah sakit yang klaimnya terkendala agar tidak mempengaruhi cashflow rumah sakit yang merawat pasien Covid-19,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 30 September 2020, dikutip Portal Surabaya dari Warta Ekonomi.

Kemudian, Luhut yang juga menjabat sebagai Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut meminta para gubernur yang hadir, yaitu: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Bali Wayan Koster untuk berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Akun ShopeePay, Simak Caranya

Baca Juga: Anies Prihatin Meski PSBB Jakarta Sudah Diperketat, 26.600 Orang Masih Terjaring Tak Pakai Masker

“Tolong para gubernur segera perintahkan dinas kesehatan, perwakilan BPJS Kesehatan di daerah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit yang belum mengajukan klaim dan verifikasi klaim RS yang belum selesai agar penanganan pasien covid tidak tersendat,” ucap Luhut.

Menurut Luhut, selanjutnya ia juga meminta semua Gubernur untuk memantau ketersediaan obat sesuai standar protokol perawatan pasien Covid-19 yang telah dibuat oleh Kemenkes bersama dengan lima perhimpunan dokter spesialis di Indonesia.

“Kepada semua gubernur dan perwakilan kepala daerah yang hadir saya minta di minggu kedua Oktober cek suplai obat untuk semua RS Rujukan Covid-19 jangan sampai ada korban karena nggak ada obat, begitupun dengan ketersediaan alat medis dan ruang isolasi,” ujarnya.

Baca Juga: Tegas, Luhut Beri Instruksi ke Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Hingga Khofifah untuk Koordinatif

Baca Juga: Anies Baswedan Menilik Program Grebek Lumpur Guna Menghadapi Musim Hujan di Jakarta

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X