Kepala BMKG Mengigatkan, Hanya Dibutuhkan Waktu 20 menit Gelombang Tsunami Sampai ke Pantai

- 27 September 2020, 12:31 WIB
Tsunami Megatrush /

PORTALSURABAYA.com - Kabar tentang adanya potensi tsunami setinggi 20 meter di pantai selatan Pulau Jawa perlu diwaspadai. Bahkan menurut hasil riset dan penelitian sejumlah ahli, gelombang lautan raksasa tersebut diperkirakan hanya butuh waktu tidak kurang dari 20 menit untuk sampai ke pinggir pantai.

Menanggapi kabar ini, Kepala BMKG Dwikorita Karawati bersama rekannya dari peneliti BMKG Dr Pepen Supendi yang terlibat langsung dalam penelitian dalam pengolahan data dan analisis seismisitas mengatakan, kesiapan Indonesia dalam menghadapi potensi bencana yang pernah dialami pada tsunami Aceh pada tahun 2004, diharapakan mampu mengurangi banyaknya jatuh korban karena BMKG telah mengoperasikan Sistem Monitoring dan Peringatan Dini Tsunami sejak 2008.

"Saat itu, waktu tiba gelombang tsunami ke pantai terdekat tidak kurang dari 20 menit," ujar Dwikorita, Jumat (25/9/2020).

"Sistem yg dibangun tersebut dioperasikan dengan menggunakan Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) untuk menghitung secara cepat parameter gempa bumi, magnitudo dan lokasi hiposenter gempa bumi, yang kemudian secara otomatis dg pemodelan matematis dapat dihitung (diestimasi) potensi kejadian tsunaminya," jelasnya lagi.

Dengan demikian, secara otomatis info kejadian gempa bumi dan peringatan dini tsunami melalui BNPB, BNPD, Televisi dan berbagai moda disemisi informasi informasi lainnya, baru akan tersampaikan sekitar 3-5 menit setelah gempa.

Baca Juga: Meski Kerap Tampil Nyeleneh, Ini 5 Kunci Motivasi Sukses Bob Sadino yang Menginspirasi Dunia Bisnis

"Artinya, masih tersisa waktu sekitar 15-17 menit sebelum perkiraan datangnya gelombang tsunami untuk evakuasi," kata dia.

Dwikora kembali menegaskan, adanya riset dan sistem peringatan dini tersebut belum cukup untuk benar-benar melindungi masyarakat dari ancaman tsunami.

Masyarakat bersama Pemerintah Daerah harus tetap ada kesiapan dalam merespon peringatan dini tersebut secara cepat dan tepat, bahkan dalam menyiapkan saran prasarana evakuasi.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X