Potensi Tsunami dan Gempa Dahsyat Tak Hanya Ancam Selatan Pulau Jawa, 12 Wilayah Ini Juga Termasuk!

- 27 September 2020, 06:59 WIB
Ilustrasi tsunami. * /NBC News/

PORTALSURABAYA.com - Beberapa waktu lalu, sebuah hasil riset ITB sempat membuat masyarakat gempar. Pasalnya, riset tersebut mengemukakan mengenai potensi tsunami di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Terlebih lagi, riset tersebut juga menyinggung mengenai ketinggian tsunami yang kemungkinan mencapai tinggi 20 meter.

BMKG lalu angkat bicara dan mengatakan bahwa memang ada pergerakan tektonik yang cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Baca Juga: Heboh Gempa Megathrust dan Tsunami, Warga Ini Malah Potong Daging Hiu Paus yang Terdampar

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, selatan Pulau Jawa menjadi salah satu yang mungkin akan terdampak dari lempeng tersebut.

"Ada (Pergerakan) lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau Lempeng Sunda di sebelah utaranya, sehingga lokasinya ada di selatan jawa. Dilaut lepas," ucap Rahmat.

Terkait prediksi potensi tsunami yang dikeluarkan dari riset ITB, ia mengatakan kemungkinan potensi itu dapat dilihat dari adanya seismic gap atau kekosongan kegempaan dalam periode waktu yang cukup panjang dengan magnitudo yang cukup signifikan.

Baca Juga: Bentrok Polisi dengan KKB Semakin sering Terjadi di Intan Jaya Papua, Beberapa Tewas

"Jadi data-data dari adanya seismic gap di selatan jawa, dan itu sebetulnya dua segmen. Di situ ada dua segmen yang bila terjadi patahan secara bersamaan akan menimbulkan gempa magnitudo 9,1," tambahnya.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X