Dirjen Pajak: Pemerintah Akan Membebaskan Wajib Pajak Bagi Karyawan Sampai Desember 2020

- 24 September 2020, 16:19 WIB
Dirjen Pajak RI, Suryo Utomo /PortalSurabaya.com(ist)/

PORTALSURABAYA.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak RI Suryo Utomo disebut telah datang di salah satu acara dari Youtuber ternama Indonesia, Deddy Corbuzier.

Dalam Podcast Clode The Door tersebut, Suryo Utomo membeberkan tentang aturan pajak yang diterapkan pemerintah selama pandemi Covid-19 sekarang ini.

Dirjen Pajak yang dilantik Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada Jumat 1 November 2019 lalu, menjelaskan bahwa terdapat 2 hal mengenai Pajak Penghasilan (PPh) yang berbeda dibanding dengan tahun lalu.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 10 Belum Dibuka Hari Ini, PMO Beri Penjelasan Kapan Dibuka Disini

Baca Juga: Jokowi Resmi Perpanjang Masa Berlaku Paspor Biasa Hingga 10 tahun

Suryo yang merupakan Dirjen Pajak yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo itu juga menjelaskan, PPh yang disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini adalah PPh pasal 21 dan pasal 25.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-32/PJ/2015, PPh 21 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah honorarium, tunjangan, dan pembayaran lainnya dengan nama dan dalam bentuk apa pun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi sebagai subjek pajak dalam negeri.

Sedangkan, Pajak Penghasilan Pasal 25 (PPh Pasal 25) adalah pajak yang dibayar secara angsuran. Tujuannya adalah untuk meringankan beban wajib pajak, mengingat pajak yang terutang harus dilunasi dalam waktu satu tahun. Pembayaran ini harus dilakukan sendiri dan tidak bisa diwakilkan.

Baca Juga: Hore, Nadiem Makarim akan Memberi Kenaikan untuk Dana BOS pada Tahun 2021, Berikut Penjelasannya

Baca Juga: Lolos Prakerja Gelombang 9 dan 10? Begini Cara Buka Rekening BNI Untuk yang Belum Memilikinya

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah

Sumber: Youtube


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X