Kabar Gembira!! BPJS Kesehatan Resmi Menghapus Sistem Kelas Untuk Para Pesertanya, Cek Sekarang Juga

- 22 September 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan. /ANTARA/

PORTALSURABAYA.com - Pemberlakuan kabijakan BPJS dan penghapusn kelas pada BPJS Kesehatan akan dilakukan pada awla tahun 2021 dan penerapannya akan dilakukan secara bertahap sampai akhir tahun 2022

Pemerintah melalui Kemenkes akan menghapus sistem kelas tersebut mulai tahun depan atau tahun 2021 dan sebagai gantinya pemerintah menerapkan sistem satu kelas untuk peserta pekerja dan bukan penerima Upah (PBPU) mandiri.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama pemerintah berencana menghapus kelas pada BPJS Kesehatan. Saat ii BPJS Kesehatan terbagi menjadi 3 kelas yakni, I, II, dan III.

Kementerian Kesehatan mengatakan pemberlakuan kelas standar bagi peserta BPJS Kesehatan mulai berlaku pada awal 2021.

Baca Juga: Menhub Rilis Aturan dan Syarat Wajib Bersepeda Di Jalan Raya, Pegowes Harus Baca!!

Baca Juga: KPU Beri Izin Konser Kampanye Pilkada, dr Tompi: Ini Potensi Petaka, DPR Mana?


Oscar Primadi Selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan mengatakan penetapan dan penghapusan sistem kelas pada BPJS Kesehatan akan diterapkan secara bertahap mulai tahun 2021 hingga 2022.

"Mulai awal 2021 hingga 2022, paket manfaat Jaminan Kesehatan Nasional berbasis kebutuhan dasar kesehatan dan rawat inap standar akan diterapkan secara bertahap," Ujar Oscar.

Oscar menambahkan. bahwa aturan kelas baru ini dirumuskan oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dan melibatkan sejumlah pihak, sperti Kementerian Keuangan, Kemenkes, BPJS Kesehatan, Kalangan akademisi, perhimpunan dan asosiasi rumah sakit.

Halaman:

Editor: Suhemanto

Sumber: Portal Surabaya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X