BLT Tahap 3 Akan Disalurkan dalam Waktu 2 Hari dari Sekarang, Kemnaker: Check List Telah Selesai

- 16 September 2020, 09:58 WIB
Alhamdulillah, Tahap 3 BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp 600 Ribu Cair, Buruan Cek Saldo Rekening /Pixabay @EmAji/

PORTALSURABAYA.com – Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memang telah menerima data penerima calon penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) sebanyak 9 juta rekening saat ini.

Akan tetapi, Kemnaker melalui BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) juga diketahui telah mencoret 1,6 juta data calon penerima BLT bagi pekerja.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan bahwa penyaluran BLT tahap ketiga telah dimulai setelah Kemenaker menyelesaikan pemeriksaan ulang data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Alhamdulillah check list selesai, proses pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) juga sudah selesai, selanjutnya saya imbau agar bank penyalur segera transfer ke rekening penerima," kata Menaker dalam keterangan resmi Kemenaker yang diterima di Jakarta, Selasa 15 September 2020.

Sebelumnya, Kemenaker telah selesai melakukan pemeriksaan ulang data 3,5 juta calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) tahap ketiga dan langsung menyerahkan datanya kepada KPPN untuk dicairkan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) sebagai penyalur.

Dengan pencairan itu, total sudah 9 juta pekerja yang sudah dan akan menerima BSU dengan pencairan tahap I diberikan ke 2,5 juta orang dan tahap kedua kepada 3 juta orang.

Pemerintah sebelumnya menargetkan akan memberikan BLT sebesar Rp2,4 juta itu kepada 15,7 juta orang.

Menurut data Kemenaker pada Senin, 14 September 2020, penyaluran subsidi tahap pertama dan tahap kedua telah diberikan kepada 5,45 juta penerima atau 99,1 persen dari total penerima tahap petama dan tahap kedua sebanyak 5,5 juta orang.

Para penerima BLT adalah pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 juta yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2020.

Dikutip oleh Portal Surabaya dari Antara News, terkait pencairan, Menaker Ida mengatakan untuk tahap ketiga sendiri baru akan terlihat realisasinya kurang lebih dalam dua hari ke depan, atau besok pada Kamis 17 September 2020.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X