Hari Ini Gaji ke-13 Cair! Sri Mulyani Berharap Mampu Penuhi Kebutuhan Pendidikan

- 10 Agustus 2020, 17:10 WIB
Petugas mengitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, beberapa waktu lalu. /

PORTALSURABAYA.com - Beberapa saat lalu gaji ke-13 bagi PNS dan pensiunan dikabarkan cair pada hari ini, Senin, 10 Agustus 2020.

Pencairan gaji ke-13 tersebut sebagai langkah stimulus perekonomian yang diharapkan dapat memperbaiki sistem perekonomian nasional.

Pada konferensi pers di Jakarta pada hari ini, Mentri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa gaji dan pensiun ke-13 dibayarkan mulai tanggal 10 Agustus 2020 sesuai dengan kesiapan administrasi dan regulasi dari pemerintah pusat dan peraturan kepala daerah untuk Pemda.

Selain PNS dan pensiunan, gaji ke-13 juga diterima oleh anggota TNI, Polri, pegawai non PNS yang bekerja di instansi pemerintah, dan hakim pada lembaga peradilan termasuk untuk eselon I dan II.

Baca Juga: Usai Sudah Mimpi BJ Habibie, Proyek Pesawat N250 Telah Berhenti Karena Krisis Moneter

Bagi eselon I dan II, gaji ke-13 diberikan sebagai apresiasi atas upaya kerja kerasnya dalam penanganan dampak COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) .

“Juga diberikan kepada pensiun atau tunjangan bersifat pensiun (veteran),” ujarnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani menegaskan pejabat negara seperti Presiden, anggota DPR, Menteri, dan seluruh kabinet tidak akan menerima gaji ke-13 sama seperti tidak menerima THR.

Komponen yang dibayarkan dalam gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan sehingga tidak termasuk tunjangan kinerja atau sejenisnya.

Baca Juga: Akhiri PJJ, Swab Test Akan Diberikan untuk Guru Saja, Siswa dan Pegawai Tidak Perlu

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X