Ketua MPR RI Usulkan Senjata Api Boleh Dimiliki Warga Sipil

- 4 Agustus 2020, 12:46 WIB
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo.* /Humas MPR RI/

PORTALSURABAYA.com - Bambang Soesatyo atau Bamsoet, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) saat ini tengah membuat masyarakat heboh lantaran usulannya pada Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang dikabarkan meminta untuk memperbolehkan masyarakat sipil bisa memiliki senjata api untuk membela diri.

"Sebetulnya di berbagai negara sudah memperbolehkan menggunakan senjata api berupa pistol kaliber 9 mm. Mungkin Kapolri bisa mempertimbangkan merevisi Perkap itu," kata Bamsoet seperti dikutip dari ANTARA pada hari Minggu, 2 Agustus 2020 lalu.

Seperti yang diketahui, kepemilikan senjata api atau senpi bagi warga sipil memang diperbolehkan, namun dengan perizinan yang sangat ketat yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Berbeda dengan negara lain seperti Amerika Serikat yang menjual bebas senjata api.

Baca Juga: Bingung Performa HP Menurun? Berikut Cara Reset Segala Tipe HP ASUS Agar Performa Kembali Baik

Kepemilikan senjata api di Indonesia oleh warga sipil diperbolehkan untuk pertahanan diri hingga aktivitas olahraga.

Warga sipil tidak diperbolehkan menggunakan senpi jika tidak dibutuhkan, apalagi untuk dipertontonkan di depan umum apalagi dan menakut-nakuti orang lain.

Namun, tak lama kabar ini beredar, Bambang Soesatyo meluruskan bahwa kabar ini tidaklah benar. 

“Jangan percaya dengan pelintiran berita seolah-olah saya mengusulkan pada Kapolri soal kepemilikan senjata api untuk warga masyarakat," papar Bamsoet seperti dikutip dari ANTARA, Senin (3/7/2020).

Bamsoet menjelaskan, pernyataan tersebut dilontarkan ketika dia berada di Bali untuk menggelar lomba asah kemahiran menebak bagi para pemilik izin khusus senjata api. Namun, pernyataan itu tampaknya telah mengakibatkan kesalahpahaman

Halaman:

Editor: Tifa Fauliza


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X