Anak Jokowi, Gibran Jadi Calon Walikota Solo, Ternyata Ini Hasil Elektabilitas

- 30 Juli 2020, 10:38 WIB
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. //ANTARA

PORTALSURABAYA.com - Pencalonan Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat Wali Kota Solo pada pemilu 2020 mendatang menuai banyak pro dan kontra dari masyarakat.

Banyak yang mempertanyakan tentang elektabilitas Gibran, tetapi nyatanya, Survei Indonesian Public Intitute (IPI) mencatat adanya kenaikan elektabilitas Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo pada pada 18-22 Desember 2019 dan 2-6 Juni 2020.
Bahkan, elektabilitas Gibran berhasil menyalip Achmad Purnomo yang disebut-sebut sebagai rival terkuat Gibran, serta lawan-lawannya yang lain sepanjang Desember 2019 sampai Juni 2020.
Baca Juga: Hanya 10 Unit, Astra BMW Luncurkan Dua Sedan Sport Mewah di Jawa Timur

Sementara itu, Direktur Eksekutif IPI Karyono Wibowo, Selasa 28 Juli 2020, mengatakan posisi elektabilitas Gibran pada Juni 2020 sudah unggul di semua simulasi bakal calon yang diuji dibanding pada Desember 2019.

Tambahnya, dari simulasi 15 nama calon, elektabilitas Gibran pada Desember 2019 berada di urutan kedua dengan 29.5 persen, atau di bawah Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo yang memperoleh dukungan 41.8 persen.

Artikel ini telah tayang di portaljember.pikiran-rakyat.com dengan judul: Maju Jadi Kandidat Wali Kota Solo, Begini Elektabilitas Gibran

Sementara itu, Teguh Prakosa, Muhammad Fajri, Gareng S Haryanto, Anung Indro Susanto, Achmad Sapari, Her Suprabu dan calon lainnya masih di bawah 1 persen.

Jumlah pemilih rahasia/belum memutuskan/tidak tahu tidak jawab 25.6 persen.

Baca Juga: Jumlah Kasus Pasien Positif Covid-19 di Sukabumi Bertambah, Kini Pasangan Suami Istri Positif

Lanjutnya, pada hasil survei Juni 2020, elektabilitas Gibran mencapai 37.8 persen melampaui Achmad Purnomo yang memperoleh dukungan sebesar 28.3 persen.

Sementara Muhammad Ali Naharussurur 1,6 persen, Bagyo Wahyono 0,7 persen, dan Muhammad Fajri 0,2 persen.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X