Masih Logiskah PCR dan Rapid Test Jadi Syarat Perjalanan Orang Menggunakan Angkutan Umum

- 13 Juli 2020, 17:35 WIB
Foto Ilustrasi /

PORTALSURABAYA.com - Beratnya persyaratan masyarakat ketika hendak menggunakan angkutan umum dengan persyaratan wajib harus melakukan rapid test, nampaknya begitu memberatkan masyarakat.

Hal ini nampaknya juga menjadi perhatian Perhimpunan Dokter Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKlin), baru baru ini.

PDS PatKlin menyarankan agar pemerintah tidak jadikan pemeriksaan Rapid Test dan PCR virus SARS-CoV-2 sebagai syarat perjalanan orang.

Pernyataan PDS PatKlin ini tertuang dalam surat nomor 166/PP-PAKLIN/VII/2020 sekaligus menanggapi surat edaran Gugus Tugas Covid-19 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang di masa new normal.

Surat Edaran Nomor 9 yang dikeluarkan Gugus Tugas Covid-19 pada tanggal 26 Juni 2020 tentang perubahan SE 7/2020 itu mensyaratkan hasil negatif Rapid Test dan PCR untuk setiap individu yang akan memanfaatkan transportasi umum.

Menanggapi hal tersebut Dr dr Aryanti Ketua Umum PDS PatKlin dalam surat tanggapannya tersebut menyarankan agar pemerintah tidak membebani rakyat dengan memberlakukan syarat hasil negatif test cepat dan PCR tersebut.

Menurut Dr dr Aryati alasannya, karena pemeriksaan PCR memiliki sensitivitas yang hanya 60-80 persen saja. Ditambah masih bisa terjadi hasil negatif atau palsu. Selain itu, hasil pengambilan swab butuh waktu antara 2 hari sampai 3 minggu.

Sementara untuk Rapid Test antibodi, menurut Aryati sensitivitasnya dan spesifikasinya tidak begitu tinggi sehingga lebih banyak terjadi hal negatif palsu maupun positif palsu yang dampaknya justru malah merugikan.

Surat Tanggapan PDS PatKlin soal Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 tentang Syarat Perjalanan Orang. Foto: Istimewa
Surat Tanggapan PDS PatKlin soal Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 tentang Syarat Perjalanan Orang. Foto: Istimewa

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X