Gempa Bumi Berkekuatan 5,3 SR Guncang Blitar, Jawa Timur Pagi Ini

- 5 Juli 2020, 10:39 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi. (Antara) /

PORTALSURABAYA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 SR mengguncang wilayah Blitar, Jawa Timur pada Minggu, 5 Juli 2020, pukul 02:09:22 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lokasi gempa bumi ini terletak pada koordinat titik 9.29 Lintang Selatan (LU dan 112.31 Bujur Timur (BT) atau tepatnya di laut pada jarak 125 km arah Selatan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur pada kedalaman 92 km.

Baca Juga: Gempa Bumi Hari Ini Guncang Padang Panjang, Sumatera Barat

Guncangan gempa Blitar ini juga dirasakan di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Karangkate, Trenggalek, Nganjuk, Pacitan, Jember, Kulonprogo, Bantul, Cilacap, Wonogiri, dan Malang.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono juga mengatakan bahwa masyarkat Jawa Timur di bagian Selatan harus mewaspadai gempa yang terjadi belakangan ini.

Pasalnya, berdasarkan catatan gempa Blitar yang terjadi tadi pagi, episenternya sangat berdekatan dengan sumber gempa yang merusak Jawa Timur bagian Selatan pada 15 Agustus 1896 dan 20 Agustus 1896.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekutan 6,3 Magnitudo Guncang Teluk Tomini Sulawesi

Pada saat itu, gempa mencapai skala intensitas VII MMI yang membuat banyak bangunan rusak dan memakan korban jiwa cukup banyak.

Halaman:

Editor: Rudi Kurniawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X