Pelapor Kitab Suci Adalah Fiksi, Jack Boyd Lapian Resmi Jadi Tersangka

- 1 Juli 2020, 00:22 WIB
Jack Boyd Lapian resmi jadi tersangka kasus pencemaran nama baik pendiri Kaskus. Foto: Ist

PORTALSURABAYA.com - Masih ingat dengan orang yang pernah melaporkan Rocky Gerung saat debat di ILC dengan laporan 'Kitab Suci Adalah Fiksi' ? Pria klimis yang berprofesi sebagai pengacara dan sempat mendapat julukan 'Si Tukang Lapor' karena juga pernah melaporkan sejumlah tokoh nasional seperti Ahmad Dhani dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Nah, nasibnya kini siap menjadi penghuni hotel prodeo setelah pihak kepolisian melalui Direktorat Tindak Pidana Umum (Ditpidum) Bareskrim Polri menetapkan Jack Boyd Lapian (JBL) bersama Titi Sumawijaya Empel (TSE) sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik pendiri Kaskus, Andrew Darwis.

Hal ini disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/6).

JBL bersama TSE ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Laporan Polisi (LP) nomor LP/B/097/XI/2019/Bareskrim tertanggal 13 November 2019, dengan pelapor Andrew Darwis.

“Dari hasil gelar perkara tersebut diputuskan bahwa saudara JBL dan saudari TSE statusnya dinaikan dari saksi menjadi
tersangka,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/6).

Menurut Awi, penetapan tersangka dilaukan setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang saksi dua diantaranya adalah saksi ahli bahasa dan pidana.

Adapaun pasal yang mejerat tersangka Jack Boyd Lapian ialah Pasal 45 (3) Jo Pasal 27 (3) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE (informasi dan Transaksi Elektronik). Sementara tersangka Titi Sumawijaya Empel dikenakan Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP terkait tuduhan dan pencemaran nama baik.

"Rencananya para tersangka akan dilakukan pemeriksaan pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2020 dan surat panggilan sudah
dikirimkan sejak tanggal 29 Juni 2020," kata Awi.

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X