Pemerintah Resmi Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020

- 2 Juni 2020, 14:11 WIB

PORTALSURABAYA - Kementrian Agama Republik Indonesia resmi memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan Jemaah Haji 2020.

Pembatalan pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia tahun 2020 ini disebabkan pandemi virus Corona yang sampai saat ini masih melanda hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Baca Juga: Surabaya Belum New Normal, 7 Pria Hendak Gelar Pesta Miras, Akhirnya Diciduk Tim Kobra

"Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara mana pun. Akibatnya, pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (2/6/2020).

"Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah ini," lanjutnya.

Baca Juga: Dispensasi, SIM Baru Tetap Berlaku di Wilayah Surabaya

Keputusan pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 1441 Hijriah ini dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020.

Dalam keputuasan tersebut, Fachrul menegaskan bahwa pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Artinya, pembatalan tersebut tidak hanya berlaku untuk jemaah yang menggunakan kuota haji pemerintah, baik reguler maupun khusus, tetapi juga jemaah yang akan menggunakan visa haji mujamalah atau undangan, atau furada yang menggunakan visa khusus yang diterbitkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Rudi Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X