Hari Ini Subak Bali Hiasi Tampilan Google Doodle

- 29 Juni 2020, 11:00 WIB
Subak Bali hiasi halaman pencarian google atau google doodle hari ini (google.com)

PORTALSURABAYA - Tampilan Google Search hari ini Senin 29 Juni 2020 tampil berbeda dengan menampilkan lukisan doodle seorang petani yang sedang mengawasi persawahan. Ini merupakan tampilan Google Doodle yang hari ini sedang memperingati Subak Bali.

Dalam lukisan doodle tersebut terlihat persawahan yang tersusun menjadi deretan huruf membentuk kata "Google" dengan burung-burung yang berterbangan diatasnya.

Subak merupakan sistem irigasi pertanian dari Bali dan telah masuk dalam daftar warisan budaya Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada tahun 2012 lalu.

Baca Juga: Puncak HANI 2020 BNNK Surabaya Gelar Penganugerahan Kelurahan Bersinar

Tidak hanya itu, Subak juga menjadi cerminan dari filosofi kuni Bali Tri Hita Karana yang diartikan sebagai "Tiga hal yang sebabkan kesejahteraan".

Ketiga hal tersebut adalah hubungan harmonis manusia dengan Tuhan, hubugan harmonis dengan sesama manusia, dan hubungan harmonis antara manusia dengan alam dan lingkungannya.

Baca Juga: Hutang Membengkak, PLN Sekarat

Sebelumnya, Subak pertama kali diusulkan sebagai warisan dunia pada tahn 2000 lalu. Adapun titik lanskap Subak yang diusulkan sebagai warisan dunia diantaranya adalah Pura Subak Danau Batur, Danau Batur, Subak Pakerisan, Subak Catur Angga Batukaru, dan Pura Taman Ayun.

Sementara lukisan Subak Bali yang menghiasi laman Google Doodle ini dibuat oleh seniman Indonesia, Hana Augustine sebagai bentuk apresiasi Google dalam memperingati salah satu warisan budaya Indonesia, yakni Subak.***

Halaman:

Editor: Rudi Kurniawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X