Penyebaran Covid-19 Dapat Ditekan dengan Gunakan Masker di Rumah, Hasil Studi Baru

- 29 Mei 2020, 08:30 WIB
Ilustrasi pandemi COVID-19.*

PORTALSURABAYA.com – Hasil studi baru menunjukkan bahwa menggunakan masker di rumah dapat membantu menekan penyebaran Covid-19 dari anggota keluarga yang tinggal di satu rumah.

Pendekatan ini dikatakan lebih efektif hingga 79 persen dalam membatasi penularan, namun tetap perlu digunakan masker sebelum terlihatnya gejala pada siapapun di rumah yang terinfeksi.

Temuan diketahui di BMJ Global Health, berdasarkan pada jawaban dari 124 keluarga di Beijing, Cina, yang memiliki setidaknya satu kasus infeksi Covid-19 yang terkonfirmasi, mengenai kebersihan dan perilaku rumah tangga mereka selama pandemi.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Keluarga Bekas Murah Rp 80 Jutaan - Ada Avanza, Xenia, Ertiga hingga Mobilio RS

Baca Juga: Sinopsis Film Skiptrace, Aksi Komedi Jackie Chan - Detektif Kocak Buru Gembong Kriminal

Baca Juga: Daftar Drama Korea Terbaru - Oppa Will Date Instead, Backstreet Rookie, My Unfamiliar Family

Perilaku menggunakan masker dan terus menggunakan disinfektan ini dikatakan 77 persen lebih efektif menghentikan virus agar tidak ditularkan.

Ada total 460 orang dalam keluarga yang menjadi bagian dari studi dan terkonfirmasi Covid-19 antara akhir Februari dan akhir Maret 2020.

Anggota keluarga tinggal dengan orang yang terinfeksi selama empat hari sebelumnya dan lebih dari 24 jam setelah gejala pertama kali muncul.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan penggunaan masker di dalam atau di luar ruangan, karena mereka menunggu bukti nyata untuk mendukung langkah ini.

Halaman:

Editor: Rahmanto Elfian


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X