Penderita Dementia Lebih Rentan Terkena Corona, Ini Kata Para Ahli

- 27 Mei 2020, 11:44 WIB
WATSON Keith, seorang kakek berusia 101 tahun yang menjadi pasien tertua yang sembuh dari Covid-19.* /Worcestershire NHS Trust/

PORTALSURABAYA.com – Menurut penelitian baru, orang yang terkena penyakit dementia atau penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat akan lebih mudah terkena gejala virus corona yang parah.

Para ilmuwan mengatakan gen rusak yang disebut ApoE4, ditemukan pada orang-orang keturunan Eropa lebih murah untuk terkena Covid-19 yang parah, bahkan bagi mereka yang tidak terkena dementia.

Baca Juga: Vaksin Obat Corona Buatan Universitas Oxford Mulai Diuji ke Anak, Siap Diproduksi September

Penemuan baru yang dipublikasikan pada Journal of Gerontology: Medical Sciences ini menunjukkan bahwa beberapa orang mungkin secara genetis cenderung lebih terpengaruh oleh penyakit ini.

Pemimpin studi David Melzer, profesor epidemiology Universitas Exeter mengatakan bahwa beberapa studi menunjukkan beberapa orang dengan demensia memiliki resiko tinggi terkena covid-19 yang parah.

"Beberapa penelitian sekarang menunjukkan bahwa orang dengan demensia berisiko tinggi terkena Covid-19 yang parah,” terangnya.

"Studi ini menunjukkan bahwa risiko tinggi ini mungkin bukan hanya karena efek demensia, usia lanjut atau daya tubuh yang lemah, atau paparan virus di panti jompo," lanjutnya.

Dia memperkirakan hal tersebut dikarenakan adanya mutasi genetik yang menyebabkan adanya resiko Covid-19 dan Dementia.

Baca Juga: Berkata Kasar dan Melawan Ibu, Kakak Tusuk Adik hingga Tewas saat Malam Takbiran di Garut

Para penelitian menganalisis data lebih dari 500.000 data kesehatan dan genetik di Inggris.

Halaman:

Editor: Rahmanto Elfian