Gali Potensi, Diskominfo dan Pemkab Gresik Beri Pelatihan Teknologi Digital

- 24 Maret 2021, 06:31 WIB
 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gresik mengadakan Digital Talent Scholarship bagi para angkatan kerja muda. Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, Selasa (23/03/2021).
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gresik mengadakan Digital Talent Scholarship bagi para angkatan kerja muda. Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, Selasa (23/03/2021). /Tofan/PORTALSURABAYA

PORTALSURABAYA.COM - Dalam rangka menunjang dan meningkatkan skill tenaga kerja terampil dibidang teknologi digital, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gresik mengadakan Digital Talent Scholarship bagi para angkatan kerja muda. Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, Selasa (23/03/2021).

Bertempat di Hotel Horison, kegiatan tersebut diadakan dengan maksud untuk memberi pelatihan bagi angkatan kerja muda dibidang pengembangan teknologi digital dengan mengacu pada perkembangan teknologi informasi dan revolusi industry 4.0.

Ini adalah langkah inisiatif yang dilakukan Pemkab Gresik, sebab salah satu factor tidak terserapnya tenaga keja adalah minimnya tenaga kerja terampil, terutama SDM yang dapat mengembangkan teknologi digital.

Pelatihan yang dilaksanakan ini bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya, yang merupakan bagian dari lembaga Kementerian Kominfo RI.

Bu Min, sapaan akrab Wakil Bupati Gresik saat memberikan sambutan mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diadakan oleh Diskominfo Kabupaten Gresik tersebut. “Saya secara pribadi sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh Diskominfo, sebab kegiatan ini dilaksanakan di saat yang tepat, dimana era digitalisasi sedang mengalami perkembangan dan membutuhkan perhatian serius dari pemerintah,” kata Bu Min.

Seiring dengan era digital saat ini, kehadiran tenaga kerja terampil sangat dibutuhkan. Hampir setiap perusahaan, baik di Kabupaten Gresik maupun di Kabupaten lain, keberadaan tenaga terampil dibidang teknologi informasi sangat penting demi menjunjang manajemen yang berbasis teknologi informasi di perusahaan tersebut.

“Di era digitalisasi yang terus berkembang seperti saat ini, kita semua dituntut untuk terus mengikuti perkembangan yang ada. Kami meyakini bahwa Kabupaten Gresik ini memiliki anak-anak muda yang potensial disegala bidang termasuk teknologi informasi dan juga mampu berdaya saing. Oleh sebab itu, jangan sampai kita tertinggal dengan daerah yang lain,” pinta Wabup.

Melalui kegiatan ini, Bu Min juga berharap agar penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Gresik akan semakin meningkat dan angka pengangguran menurun secara signifikan. “Pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin agar anga penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat Gresik akan semakin meningkat, serta angka pengangguran dapat kita tekan dan menurun secara signifikan,” pungkas Bu Min.

Seperti diketahui bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2018 memiliki program Digital Talent Scholarship, yakni pelatihan kepada para pelaku industry, lulusan SMK/Diploma/Sarjana dan juga ASN dengan tema-tema yang menjadi inti pengembangan industry 4.0.***

Halaman:

Editor: Tofan Kumara


Tags

Terkini

X