Ini Arti Salam Tiga Jari untuk Pemerintah Thailand, Tak Jarang yang Ditangkap Akibat Aksi Tersebut

- 18 Oktober 2020, 04:20 WIB
Pelajar Tahiland mengenakan pita putih di tangan mereka dan mengacungkan penghormatan tiga jari untuk mendukung Aksi Demonstrasi di Bangkok, Thailand, 19 Agustus 2020 /Dok. Reuters/Reuters

PORTALSURABAYA.com – Aksi demonstrasi baru-baru ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun di Negara Asia Tenggara lainnya yaitu Thailand.

Para pendemo di Thailand tersebut punya simbol tersendiri yang menjadi bentuk perlawanan terhadap Pemerintah Thailand yaitu 'salam tiga jari'.

Junta militer negara Thailand pernah dan sering kali menangkap sejumlah mahasiswa dan kelompok lainnya yang melambaikan salam tiga jari, karena dianggap sebagai simbol perlawanan.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

Seorang aktivis pro-demokrasi memberikan penghormatan tiga jari, simbol perlawanan, selama protes di taman Sanam Luang di Bangkok, Thailand, Sabtu, 19 September 2020. (Foto AP / Wason Wanichakorn)
Seorang aktivis pro-demokrasi memberikan penghormatan tiga jari, simbol perlawanan, selama protes di taman Sanam Luang di Bangkok, Thailand, Sabtu, 19 September 2020. (Foto AP / Wason Wanichakorn) AP

Rezim militer Thailand, pada pemberitaan sebelumnya telah menahan delapan mahasiswa, termasuk seorang yang melambaikan tangan tiga jari.

Istilah dan peggunaan salam tiga jari tersebut diambil dari buku serta film The Hunger Games.

Baca Juga: Dekrit Larangan Demonstrasi Dilayangkan Raja Thailand, Pendemo Tetap Nekat Turun Tuntut PM Mundur

Salam tiga jari yang dilontarkan oleh pengunjuk rasa Thailand pada iring-iringan mobil kerajaan minggu-minggu ini telah menjadi simbol utama perlawanan di kerajaan dalam beberapa tahun terakhir.

Cuplikan adegan Salam 3 Jari di film The Hunger Games.
Cuplikan adegan Salam 3 Jari di film The Hunger Games. THG Fansite

Halaman:

Editor: Esra Junita Simanungkalit


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X