Lengan Mayat Terus Bergerak secara Signifikan Selama 17 Bulan Lamanya, Tanda Gerakan Post-Mortem?

- 1 Oktober 2020, 20:35 WIB
Mayat manusia masih bisa bergerak dalam satu tahun /OnBeing

PORTALSURABAYA.com – Selama ini, sesorang yang telah meninggal dianggap tidak akan pernah bergerak lagi. Seolah-olah akan menjadi mistis jika ada cerita mayat bergerak.

Namun, berdasarkan studi terbaru yang dilakukan beberapa peneliti mengatakan bahwa mayat manusia selama lebih dari satu tahun setelah kematian masih bergerak. 

Pasalnya, para peneliti di fasilitas penelitian dekomposisi yang berbasis di Australia tengah mendokumentasikan pembusukan mayat menggunakan kamera selama 17 bulan lamanya.

Tak disangka, mayat yang diamati masih terus bergerak secara signifikan. Sebelumnya, kamera di Fasilitas Australia untuk Penelitian Eksperimental Taphonomic (AFTER) itu  mengambil gambar mayat setiap 30 menit pada siang hari. Tentu temuan ini bisa menjadi penting bagi penyelidikan forensik.

Baca Juga: Gawat, Ternyata Tidak Semua Pasien COVID-19 Mendapatkan Perawatan Gratis dari Pemerintah...

“Kami temukan lengannya bergerak secara signifikan,” ujar ilmuwan medis Alyson Wilson dari Central Queensland University kepada Australian Broadcasting Corporation, dikutip dari Science Alert.

Beberapa gerakan post-mortem memang diduga terjadi pada tahap awal pembusukan mayat. Namun, gerakan itu terus berlanjut selama 17 bulan cukup mengejutkan para ilmuwan.

“Kami pikir gerakan itu terkait dengan proses pembusukan, saat tubuh mayat dan ligamen mengering,” kata Wilson.

Baca Juga: Pemerintah China Hancurkan Sejumlah Masjid di Xinjiang, Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut Wilson, temuan baru ini bisa menjadi penting untuk investigasi kematian yang sulit dijelaskan. Cara ilmuwan menganalisis dan menafsir TKP juga bisa berubah dengan temuan ini.

Halaman:

Editor: Tifa Fauliza


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X