Hore! Satu Lagi Vaksin Covid-19 yang Sukses Uji Bahkan pada Manula Usia 71 Tahun Keatas

- 30 September 2020, 16:56 WIB
Ilustrasi vaksin covid-19. /Pixabay

PORTALSURABAYA.com – Beberapa perusahaan beramai-ramai membuat vaksin Covid-19 termasuk Moderna Inc.

Keamanan vaksin Covid-19 milik Moderna ini diketahui telah merilis hasil studi awalnya. Vaksin ini dikatakan aman dan bisa digunakan pada manula atau oarng yang lanjut usia, bahkan 71 tahun ke atas.

Hasil dari studi itu dipublikasikan di New England Journal of Medicine. Hal tersebut adalah kelanjutan dari uji coba keamanan Fase I Moderna, di usia 18-55 tahun.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Siap Disebar 2021 Nanti, Berikut 5 Prioritas Utama yang Akan Menerimanya

Dosis vaksin Covid-19 yang diberikan sebanyak 25 mikrogram dan 100 mikrogram diujikan kepada 40 orang dewasa, dengan usia 56 hingga 70 tahun bahkan 71 tahun dan lebih lagi.

Manula yang berusia 71 tahun ke atas, mereka diberi suntikan vaksin Covid-19 dengan dosis 100 mikrogram dengan jarak 28 hari.

Diketahui hasil dari uji coba tersebut, ada kekebalan yang muncul sama seperti yang terjadi pada manula berusia 70 ke bawah.

Baca Juga: Jokowi Targetkan Vaksin Covid-19 Mulai Disuntikan Awal Tahun 2021 , Yakin Sudah Lulus Uji Klinis?

"Temuan ini meyakinkan karena kekebalan cenderung melemah seiring bertambahnya usia," kata Dr. Evan Anderson, salah satu peneliti utama studi tersebut dari Emory University di Atlanta kepada Reuters, dikutip Portal Surabaya dari Antara pada Rabu 30 September 2020.

Akan tetapi, disebutkan juga tetap ada efek samping yang dirasakan yaitu sakit kepala, kelelahan, nyeri tubuh, menggigil, dan terdapat nyeri tempat suntikan.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X