Vaksin Covid-19 Berbahan Hati Hiu, Ahli Konservasi: Hiu dan Manusia Diambang Kepunahan

- 28 September 2020, 07:21 WIB
ILUSTRASI kawanan hiu yang akan menyerang.*/PIXABAY /

PORTALSURABAYA.com - Muncul ide pembuatan vaksin corona (Covid-19) menggunakan bahan dari ekstrak hiu. Ide tersebut langsung ditolak mentah-mentah oleh ahli koservasi karena dinilai tidak efektif dibandingkan bahan lainnya serta dapat membahayakan hiu dan manusia.

Mengutip dari The Sun, Minggu (27/9), para ahli konservasi memberi peringatan jika bahan utama dalam beberapa bentuk vaksin yang sedang dikembangkan adalah squalene, minyak alami dari hiu.

Squalene hiu sudah digunakan sebagai bahan pembatu oleh perusahaan farmasi GlaxoSmithKline. Zat squalene hiu digunakan untuk membuat respons kekebalan lebih kuat, dalam vaksin flu.

Baca Juga: Kewalahan Hadapi Covid-19, India Siap Distribusikan Vaksin di Seluruh Dunia dengan Harga Miring

Baca Juga: Jutaan Vaksin Covid-19 Siap Disuntik Ke Masyarakat, Luhut: Tetap Patuhi Protokol Jangan Terlena

Perusahaan tersebut bahkan sudah menyatakan pada bulan Mei lalu, jika akan memproduksi 1 miliar dosis bahan pembantu berbahan hiu untuk penggunaan potensial dalam vaksin Covid-19.

Menurut kelompok kampanye Shark Allies yang berbasis di AS, hal ini bisa berarti "bencana bagi hiu dan manusia" yang dapat mendorong spesies rentan ke ambang kepunahan.

Shark Allies memiliki petisi online yang isinya meminta para ilmuwan untuk berhenmenggunakan hiu sebagai salah satu bahan untuk vaksin Covid-19.

Baca Juga: BMKG: Jangan Mudah Terpancing Judul Bombastis Mengenai Gempa Megathrust dan Tsunami

Halaman:

Editor: Suhemanto

Sumber: The Sun


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X