Miskin dan Kacau, Timor Leste Justru Dipastikan Bakal Keluar dari Jurang Ekonomi Akibat Covid-19

- 23 September 2020, 16:52 WIB
Terlanjur merdeka, bisakah Timor Leste kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi ? /

PORTALSURABAYA.comTimor Leste sekarang dikenal sebagai salah satu negara termiskin di dunia, namun negara tersebut justru diperkirakan bakal lebih cepat keluar dari jurang ekonomi akibat pandemi.

Timor Leste bahkan dipastikan tidak akan mengalami banyak kerusakan, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya termasuk Indonesia.

Dalam sebuah tulisan berjudul 'Rute Pembangunan yang Berbahaya Bagi Timor-Leste' berbicara soal Timor Leste yang ditulis Fredrik Sjöholm, Profesor di Departemen Ekonomi, Universitas Lund, Swedia.

Baca Juga: Menteri Timor Leste Impor 6000 Ton Beras dari Vietnam, Dapat Kritik Pedas dari Ramos Horta

Melansir East Asia Forum 19 September 2020, di bidang politik, konflik lama antara mantan perdana menteri Mari Alkatiri dan Xanana Gusmao terus menimbulkan perombakan parlemen, kebuntuan politik, dan ketidakpastian.

Apalagi semua anggaran publik sejak 2018 telah ditunda sehingga menyebabkan penurunan belanja publik.

Awal tahun ini Situasi politik Timor Leste berubah dengan runtuhnya koalisi Gusmao, dan partai Fretilin Alkatiri bergabung dengan pemerintah pada bulan Juni.

Pemerintah sekarang sejajar dengan mayoritas parlemen dan mendapat dukungan presiden, yang bisa menjadi awal dari stabilitas yang lebih baik dan ketidakpastian politik yang berkurang, tetapi situasinya tetap rapuh.

Baca Juga: Timor Leste Dilanda Kemiskinan, Ramos Horta Malah Menyalahkan Bank Mandiri dan BRI, Ada Apa?

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi tahunan hanya sebesar 3 persen dan diperkirakan akan tetap rendah di tahun-tahun mendatang.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X