Bukan Hanya Covid-19, Ribuan Warga China Terjangkit Wabah Brucellosis Akibat Kebocoran Pabrik

- 18 September 2020, 17:32 WIB
Brucellosis adalah penyakit menular pada manusia yang berasal dari infeksi binatang dan disebabkan oleh bakteri dari genus Brucella. Foto: Ilustrasi bakteri brucella /

PORTALSURABAYA.com – Ribuan orang di barat laut China terjangkit bakteri brucellosis. Wabah ini muncul setelah pabrik biofarma mengalami kebocoran tahun lalu.

Sebanyak 3.245 orang positif terjangkit penyakit brucellosis, hal ini dipastikan oleh Komisi Kesehatan Lanzhou, ibu kota provinsi Gansu.

Penyebab penyakit ini sering diakibatkan karena kontak langsung dengan hewan ternak yang membawa bakteri brucella.

Baca Juga: 3.245 Orang Terjangkit Bakteri Brucellosis Akibat Bocornya Pabrik Biofarmasi di China

Penyakit brucellosis dikenal juga sebagai demam Malta atau demam Mediterania. Penyakit menyebabkan gejala seperti sakit kepala, demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, walaupun gejala memungkin untuk reda, beberapa gejala bisa menjadi kronis ataupun tidak pernah hilang, seperti radang sendi atau pembengkakan di organ tertentu.

Penularan dari manusia ke manusia sangat jarang terjadi, sebaliknya mayoritas orang terinfeksi dengan cara makan makanan yang terkontaminasi atau menghirup bakteri yang terjadi di Lanzhou.

Baca Juga: Sial!! Warga Asal Jember Ini Beli 15 Modem Untuk Internet Desa, Yang Diterima Malah Pecahan Genteng

Komisi Kesehatan Lanzhou mengatakan, awalnya sebanyak 1.401 orang dinyatakan positif mengidap penyakit ini, meski tidak ada korban jiwa yang berjatuhan.

Halaman:

Editor: Suhemanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X