Ternyata Umroh Belum Dibuka, Simak Penjelasan KJRI Jeddah

- 15 September 2020, 16:06 WIB
Para jamaah haji melempar jumrah Aqaba dalam pelaksanaan haji 1441 H atau 2020, dengan protokol kesehatan.* //Arab News

PORTALSURABAYA.com – Sempat beredar mengenai pembukaan kembali penyenggaraan ibadah umrah, pihak Konsul Jeddah ending Jumali menjelaskan belum adanya pengumuman resmi terkait penyelenggaraan kembali ibadah umroh.

Meskipun Pemerintah Arab Saudi telah membuka pelabuhan dan penerbangan yang sempat ditutup akibat pandemi Covid-19, tetapi pembukaan tersebut bersifat terbatas.

“Terkait umrah belum ada pengumuman resmi. Pernyataan Mendagri Saudi menegaskan bahwa rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umrah akan diumumkan secara bertahap, dan akan diputuskan kemudian berdasarkan perkembangan pandemi,” ujar Endang dikutip dari konferensi pers hari Selasa tanggal 15 September 2020.

Baca Juga: Begini Kata Komdis FIP UNESA yang Ditakuti Maba dalam Video Viral Ospek Online

Endang mengatakan pihaknya akan memantau terus perkembangan mengenai penyelenggaraan ibadah umroh. Termasuk rencana penyelenggaraan umroh yang dilakukan secara bertahap.

Pembukaan pelabuhan dan penerbangan yang dilakukan pemerintah Arab Saudi hanya dibuka untuk keperluan tertentu.

Kategori yang boleh melakukan perjalanan adalah seperti pegawai negeri sipil ataupun militer yang mendapat tugas resmi, pegawai perwakilan diplomatik, atase, konsulat, lembaga pulik, swasta serta mereka yang memiliki kedudukan pekerjaan di perusahaan luar Arab Saudi.

Baca Juga: Odading Rasa Iron Man Milik Mang Sholeh, Kini Ramai Pembeli Hingga Menyebabkan Antrian Puluhan Meter

Pemerintah Arab Saudi juga mengizinkan bagi pengusaha yang dituntut untuk melakukan perjalanan bisnis. Selain itu izin juga diberikan kepada pasien yang memerlukan perjalanan ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan dan pelajar yang harus melakukan perjalanan untuk menimba ilmu di luar Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X