Para Astronom Mengira Ada Asteroid di Dekat Bumi, Ternyata Satelit yang Berumur 56 Tahun

- 31 Agustus 2020, 12:52 WIB
Ilustrasi satelit: Hampir 56 tahun satelit seri OGO-1 milik NASA berada di luar angkasa, bahkan pengamat pernah mengira bahwa itu adalah asteroid dekat Bumi. /PEXELS

PORTALSURABAYA.com - Selain Bulan, berbagai satelit juga mengelilingi Bumi untuk berbagai kegunaan, mulai dari mengamati planet, navigasi, hingga telekomunikasi.

NASA diketahui telah meluncurkan satelit seri Orbiting Geophysics Observatory 1 (OGO-1) pada 56 tahun lalu silam untuk mempelajari magnetosfer Bumi.

Satelit OGO-1 tersebut yang sempat dikira asteroid hanya beroperasi beberapa tahun setelah diluncurkan pada tahun 1964 hingga misinya secara resmi dihentikan pada tahun 1971.

Baca Juga: Walaupun Terpaksa, 'Senyum Palsu' Ternyata Ada Manfaaatnya untuk Kesehatan Mental!

Kemudian menghabiskan hampir setengah abad berulang kali mengelilingi planet kita pada orbitnya yang sangat elips.

“Meskipun OGO-1 adalah pesawat ruang angkasa pertama yang diluncurkan dalam seri OGO, itu akan menjadi yang terakhir untuk kembali ke bumi karena lima pesawat ruang angkasa lainnya telah membusuk dari orbit dan dengan aman memasuki kembali atmosfer bumi, mendarat di berbagai bagian lautan planet," ujar NASA, dikutip dari Forbes. 

Bill Grey, yang membuat paket perangkat lunak yang digunakan para astronom untuk melacak asteroid dan komet di dekatnya, memberi tahu bahwa data terbarunya menunjukkan satelit lama masuk kembali hampir tepat di atas Tahiti di Pasifik.

Dia menyarankan pengamat langit di Polinesia Prancis untuk menyiapkan kamera mereka.

Baca Juga: Suka Merokok Sambil Mengendarai Motor? Siap-Siap Jadi Penghuni Penjara!

Kemungkinan kecil OGO-1 akan muncul ke permukaan. Beratnya hanya 500 kg (1.102 pon) atau sekitar 40 kali lebih kecil dari roket Tiongkok seberat 20 ton yang membuat kegemparan ketika masuk kembali secara tidak terkendali pada bulan Maret 2020.

Halaman:

Editor: Tifa Fauliza


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X