Semakin Memanas, Kini China Peringatkan Akan Kirim Senjata ke Iran

- 10 Agustus 2020, 19:20 WIB
/

PORTALSURABAYA.com - Sepertinya perseteruan antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok belum juga menemukan jalan keluar yang damai.

Bahkan dikabarkan baru-baru ini, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo memperingatkan kemungkinan China untuk mengirim senjata ke Iran.

Baca Juga: Update Harga Emas di Pegadaian Malam Ini 10 Agustus 2020, Antam, Antram Retro, Antam Batik, UBS

Pompeo juga mengatakan jika China mempersenjatai serta membiayai Iran, akan memicu keguncangan di Timur Tengah.

"Masuknya China ke Iran akan mengguncang Timur Tengah," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (9/8/2020).

Baca Juga: Bikin Takjup! Kim Jong-un Blusukan Kunjungi Desa yang Terkena Banjir

"Iran tetap menjadi negara sponsor teror terbesar di dunia dan untuk memiliki akses ke sistem persenjataan dan perdagangan serta uang yang mengalir dari Partai Komunis China hanya menambah risiko untuk wilayah itu," sambungnya.

Baca Juga: Jadwal Acara ANTV, Bawang Putih Berkulit Merah Malam Ini Senin 10 Agustus 2020


Tengah pekan ini, Pompeo mengatakan, AS akan memperkenalkan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB untuk memperpanjang embargo senjata PBB terhadap Iran. Embargo senjata terhadap Iran akan berakhir bulan Oktober mendatang.

Pompeo mengatakan, tindakan itu sangat masuk akal dan bersumpah dengan satu atau lain cara, AS akan melakukan hal yang benar, yakni mencegah Iran untuk mendapatkan senjata.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di wartaekonomi.com dengan judul: Gawat, China Mau Kirim Senjata ke Iran, AS Peringatkan...

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X