Tidak Tinggal Diam, AS Akan Langsung Membalas Jika Tiongkok Melanggar Aturan

- 4 Agustus 2020, 11:05 WIB
AS mintaTiongkok tutup konsulat di Houston. /

PORTALSURABAYA.com - Hingga saat ini, perselisihan antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Bahkan setelah Tiongkok lakukan ancaman kepada AS, kini Tiongkok dapat peringatan dari Angkatan Laut Amerika Serikat.

Tiongkok mendapat peringatan agar tidak melanggar kebebasan navigasi Internasional di Laut China Selatan jika tidak ingin AS bertindak dan lakukan pembalasan.

Baca Juga: Tak Ada Rasa Kapok, Bupati Jember Faida Mencalonkan Diri di Pilkada 2020 Setelah Tersandung Kasus

Sudah bukan rahasia umum, Tiongkok dan Amerika Serikat terlibat dalam pertempuran sengit setelah beberapa kali Beijing mengklaim kepemilikan Laut China Selatan.

Amerika Serikat bersikukuh untuk mempertahankan kebijakan netral namun menunjukkan dukungannya pada sekutu di Asia Tenggara yang juga mengklaim kendali atas wilayah tersebut.

Tetapi pada minggu lalu, Menteri Luar negeri AS, Mike Pompeo mencabut kebijakan netralitas di Laut China Selatan, dan kini Tiongkok telah diperingatkan untuk bersiap akan 'pembalasan' jika terjadi pertempuran baru di wilayah tersebut.

Mantan petugas desk Tiongkok di Departemen Kehakiman AS, Joseph Bosco mengatakan jika kapal miliki Beijing berulang kali melecehkan banyak kapal.

Baca Juga: HUT RI Ke-75, Khofifah Ajak Masyarakat Jatim Lebih Cinta Produk Indonesia

"Kami memiliki sejarah kapal Tiongkok melecehkan tidak hanya kapal AS tetapi juga kapal negara lain, mendekati hampir menyebabkan tabrakan dan menempatkan radar mereka untuk mengunci kapal-kapal itu, menggunakan meriam air," ujarnya dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Express.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X