Tanpa Basa Basi, Tiongkok Langsung Kirim Pesawat Tempur Terbarunya Usai Kecam Amerika Serikat

- 3 Agustus 2020, 06:08 WIB
Pesawat tempur AS melintasi kilang minyak yang terbakar, pada Perang Teluk I, tahun 1990 silam. (wikipedia.org) /

PORTALSURABAYA.com- Beberapa saat lalu Tiongkok mengerahkan sejumlah pesawat tempur terbarunya.

Pesawat tempur tersebut dikerahkan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA).

Tiongkok langsung mengirimkan pesawat tempur mereka ke perairan Laut China Selatan setelah mengecam militer Amerika Serikat (AS) di Taiwan.

Baca Juga: Tak Main-Main, Tiongkok Langsung Kirim Pesawat Tempur Usai Mengecam AS

Kolonel Senior Ren Guoqiang selaku Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok (MND) mengatakan bahwa di antara pesawat tempur terbaru Tiongkok itu terdapat pesawat pengebom H-6G dan H-6J.


Baca Juga: Ragukan Keamanan, Pakar Virus AS Klaim Tidak Akan Gunakan Vaksin Covid-19 Ciptaan Rusia dan Tiongkok


"Ini latihan rutin untuk membantu meningkatkan kemampuan pilot secara teknis dan taktis serta mengasah kemampuan tempur AL pada segala cuaca," ujarnya dikutip media resmi setempat, Sabtu 1 Agustus 2020.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di pikiran-rakyat.com dengan judul: Konflik AS dan Tiongkok di Laut China Selatan, Beijing Kerahkan Sejumlah Pesawat Tempur dan Pengebom

Sebelum mengirimkan pesawat tempur, pihak Tiongkok telah mengecam tindakan AS yng mengirim personel militernya ke Taiwan dengan dalih melakukan latihan serta bertukar pengalaman.

Tindakan AS merupakan pelanggaran serius prinsip-prinsip dasar hubungan internasional dan komitmen politik AS terhadap Tiongkok. Ini bisa berdampak buruk dalam hubungan bilateral dan kemitraan antarmiliter Tiongkok dan AS, kata Ren yang dikutip laman resmi militer Tiongkok, Jumat 31 Juli 2020.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X