Tak Hanya Masjid Hagia Sofia, Presiden Erdogan Juga Buka Kembali Biara Sumela

- 29 Juli 2020, 12:18 WIB
Biara Sumela di distrik Macka di provinsi Trabzon utara, Turki, 27 Juli 2020. (Foto DHA) /

PORTALSURABAYA.com - Walau ada banyak kritikan dari seluruh dunia, atas keputusannya mengembalikan fungsi Hagia Sofia sebagai masjid, Presiden Recep Tayyip Erdogan masih teguh dengan putusannya itu.

Sehingga akhirnya pada hari Selasa 28 Juli 2020 kemarin, Presiden Recep Tayyip Erdogan selesai merestorasi dan membuka kembali tidak hanya satu situs, tetapi dua situs bersejarah penting di Turki.

Kedua situs tersebut ialah Biara Sumela dan Masjid Hagia Sofia di provinsi Trabzon, Laut Hitam Turki. Presiden Erdogan meresmikan pembukaan kedua situs tersebut melalui upacara konferensi lewat video.

Baca Juga: Vans Gelar Acara Bertajuk The Vans Showdown, Temui Crow dari Masa Depan

Biara adalah situs yang memiliki makna sejarah dan budaya yang unik dan daya tarik wisata utama. Itu dimasukkan dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Rencana restorasi dan lingkungan untuk Biara Sumela, yang didedikasikan untuk Perawan Maria, diluncurkan pada Februari 2016.

Pekerjaan restorasi dihentikan sebentar karena kondisi cuaca yang buruk dan juga diterapkannya langkah-langkah untuk memerangi wabah virus corona di Biara Sumela, yang terletak di distrik Macka, pusat pariwisata religius utama di Turki.

Pekerjaan restorasi dilanjutkan sejak Mei. Itu dibuka kembali untuk pariwisata iman oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pada 15 Agustus 2010, setelah jeda 88 tahun.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com dengan judul: Usai Masjid Hagia Shopia di Istanbul Kini Turki Pulihkan Biara Sumela, Masjid Hagia Sofia di Trabzon

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X