Muak Dengan Arogansi China, Inilah Negara yang Siap Berperang dengan China

- 7 Juli 2020, 15:55 WIB
Konvoi armada laut Amerika Serikat di Laut China Selatan. Foto: Ant /Argo/

PORTALSURABAYA.com - Arogansi China sebagai salah satu negara yang memiliki ekonomi terkuat dan juga armada tentara yang besar di dunia, nampaknya mulai membuat gerah negara-negara tetangga.

Usai mengobok ketenangan ASEAN lewat manuvernya di Laut China Selatan, China juga mulai membuat gerah India dengan menggeser-geser perbatasannya.

Akibatnya, sejumlah negara di ASEAN seperti Indonesia, Filipina, Vietnam dan Malaysia sampai sekarang masih meradang akibat arogansi China. Dan negara-negara yang selama ini direcoki China bahkan nampaknya bersiap melakukan perlawanan dari berbagai bidang.

Salah satu contoh perlawanan akibat arogansi China, diperlihatkan oleh India. Baru-baru ini India menaikan tarif pajak impor barang dari China. Selain itu, India juga melarang investasi dari China. Bahkan yang terakhir, India telah memblokir banyak aplikasi dari China dan lain sebagainya.

Hebatnya aksi boikot ini diikuti oleh hampir seluruh penduduk India yang juga beramai-ramai memboikot produk "Made in China". Gerakan tersebut juga semakin masif kala pemerintah India meminta situs jual beli daring skala internasional, Amazon, menunjukkan negara pembuat produknya.

Padahal jika dilihat dari kedua sisi bisnis, India dan China adalah negara dengan kekuatan terbesar di Asia Timur Raya selain Jepang. Industri di India tengah mengalami kebangkitan, begitu pun China.

Langkah tegas pemerintah India yang diikuti rakyat India, berakar dari bentrokan berdarah antara tentara India dengan tentara China yang terjadi diperbatasan India-China pada bulan lalu.

Akibat bentrokan yang dipicu oleh aksi arogansi tentara China tersebut, mengakibatkan puluhan tentara China tewas sementara beberapa tentara India mengalami luka-luka.

Dari kawasan Asia Tenggara, klaim China atas Laut China Selatan yang akhirnya memompa semangat juang tentara Filipina untuk mengangkat senjata.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X