Daftar Negara dengan Kekuatan Militer Terkuat Dunia, Indonesia Masuk - Ini Posisinya

- 2 Juni 2020, 04:14 WIB
DI tengah wabah virus corona ini, Tiongkok justru meningkatkan anggaran militer untuk siap siaga di Laut China Selatan. /DOK. AFP

PORTALSURABAYA.com - Negara apa yang memiliki pakekuatan militer paling kuat di dunia? negara apa saja yang masuk dalam daftar rangking kekuatan militer terkuat? tentu pertanyaan tersebut sering muncul dan didiskuiskan oleh penggemar militer.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini Selasa 2 Juni 2020 TransTV ANTV SCTV GTV Trans7 RCTI Indosiar NETTV TVRI

Walau di masa saat ini dimana belum terjadi perang besar, kekuatan militer suatu negara merupakan ujung tombak pertahanan yang sangat penting. Negara yang memiliki kekuatan militer besar tentu lebih disegani oleh negara lain.

Perhitungan kekuatan militer suatu negara termasuk dalam jumlah personel pasukan infantri, perlatan tempur hingga kecanggihan teknologi tempur yang dimiliki.

Bagimana posisi rangking dan kekuatan tempur militer Indonesia di mata dunia?

Baca Juga: Komunitas Cokro Gandeng IKA Stikosa AWS Bagikan Mainan di Tengah Pandemi

Lalu, negara mana yang memiliki armada tempur terkuat di dunia? Global Fire Power, sebuah lembaga analis pertahanan dan keamanan pada 2019 melakukan pemeringkatan kekuatan militer sejumlah negara di dunia.

Daftar 2019 Military Strength Ranking atau peringkat Kekuatan Militer 2019 milik GFP mengacu pada lebih dari 55 faktor untuk menetapkan skor indeks kekuatan (Power Index) ke 137 negara –ditambah Moldova 2019 ini.

Pemeringkatan tersebut menilai keragaman alutsista masing-masing negara dan memberikan perhatian khusus pada para prajuritnya. Termasuk di dalamnya penilaian segi geografis, kapasitas logistik, sumber daya alam yang tersedia, dan status industri lokal juga dipertimbangkan.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X