Tiongkok Resmikan UU Keamanan Hong Kong, Ribuan Orang Turun ke Jalan

- 30 Mei 2020, 07:19 WIB
SEJUMLAH polisi anti huru hara di Hong Kong.*

PORTALSURABAYA.com - Parlemen Tiongkok resmi menyetujui keputusan Undang-undang keamanan nasional untuk Hong Kong. Dimana Kongres Rakyat Nasional pada hari Kamis 29 Mei 2020 melakukan pemilihan dengan hasil 2.878 berbanding 1.

Baca Juga: Pedagang Positif COVID-19 Setelah Kontak dengan Saudara dari Bandung, Pasar Sumber, Cirebon Ditutup

Menyusul hasil keputusan tersebut, masyarakat banyak yang berkumpul di Aula Besar Rakyat memberi tepuk tangan meriah ketika penghitungan suara diproyeksikan ke layar. Sementara para kritikus khawatir undang-undang baru tersebut dapat merusak otonomi kota Hong Kong.

Undang-undang baru tersebut bertujuan mengatasi pemisahan diri, subversi, terorisme, dan campur tangan asing di kota itu, tetapi rencana itu, yang diluncurkan di Beijing pekan lalu, memicu protes besar pertama di Hong Kong selama berbulan-bulan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Media Online Portal Surabaya (@portalsurabaya.official) on

Sehingga secara umum akan mengubah mini-konstitusi wilayah, atau Hukum Dasar, untuk meminta pemerintahnya untuk menegakkan langkah-langkah yang akan diputuskan kemudian oleh para pemimpin Tiongkok.

Katrina Yu dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Beijing, mengatakan langkah Tiongkok itu terjadi tanpa konsultasi, debat dengan para pemimpin Hong Kong atau pemerintahnya.

"Tiongkok mengambil keuntungan dari celah hukum yang sepenuhnya memotong proses legislatif Hong Kong," kata Yu dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Aljazeera.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X