Tiongkok Berlakukan UU Keamanan Nasional di Hong Kong, Sejumlah Negara Prihatin

- 30 Mei 2020, 06:58 WIB
PRESIDEN Xi Jinping mengingatkan angkatan militer Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk mempersiapkan bentrokan di Hongkong.* /REUTERS

PORTALSURABAYA - Di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 yang menyerang berbagai negara di seluruh dunia, Tiongkok memutuskan untuk memberlakukan Undang-undang keamanan nasional di Hong Kong pada hari Kamis 28 Mei 2020.

Menyikapi hal tersebut, sejumlah negara mulai dari Inggris, Australia, Kanada dan Amerika Serikat pada hari Kamis menyatakan "keprihatinan mendalam" atas keputusan yang diambil Tiongkok.

Baca Juga: Indonesia Bersiap New Normal, Korea Selatan Hadapi Ancaman Virus Corona Gelombang Kedua

Baca Juga: Pedagang Positif COVID-19 Setelah Kontak dengan Saudara dari Bandung, Pasar Sumber, Cirebon Ditutup

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, Sabtu 30 Mei 2020 Trans7 TransTV GTV SCTV RCTI NET Lengkap - Film Bioskop

Dalam pernyataan bersama yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne, Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo, keempat negara menanggapi keputusan Tiongkok.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Media Online Portal Surabaya (@portalsurabaya.official) on

"Penandatangan pernyataan ini menegaskan kembali keprihatinan mendalam kami tentang keputusan Beijing untuk memberlakukan hukum keamanan nasional di Hong Kong," kata pernyataan itu dikutip dari Anadolu Agency.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

X