Awas! Aksi Phising Mengincar Uang di Rekening Anda

- 18 Oktober 2020, 13:22 WIB
Ilustrasi Pencurian online yang disebut phising./Portalsurabaya /

PORTALSURABAYA.com - Sepanjang tahun 2020 semenjak pemerintah mengumumkan kasus Corona pertama di Indonesia, aktivitas online kian meningkat.

Untuk memutus sebaran Covid-19, semua hal dilakukan dengan cara online, mulai dari bekerja, belajar hingga belanja. Bisa dikatakan, semua itu bisa dibeli dengan cara online, mulai dari kebutuhan hidup sampai gaya hidup.

Dan belakangan ini ada beberapa kasus digital yang merugikan beberapa orang karena hilangnya uang dalam rekening. Hal ini tentu saja tidak boleh meremehkan keamanan digital. Di dunia maya ada banyak tindak kejahatan yang bisa kapan saja menimpa kita.

Sebagai gambaran, ada beberapa contoh kasus penipuan online. Kita pasti pernah membaca berita tentang kasus ini. Dimana korbannya kehilangan uaang setelah menerima telepon atau email dari pihak yang menyamar dari perbankan atau dari pihak dompet digital (seperti Go-Jek/OVO) dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kacau! Terlanjur Dibagikan, Pemerintah Justru Minta Dana BLT BPJS Dikembalikan?

Umumnya aksi penipuan yang dilakukukan dengan cara mengelabui korbannya dengan modus korban menang hadiah tanpa diundi senilai ratusan juta rupiah, dan hadiahnya langsung di transfer saat ini juga dengan syarat Anda diwajibkan mengisi data-data yang diminta seperti nomor rekening hingga kode OTP (on time password).

Jika Anda tidak jeli, biasanya korban akan segera memberikan data-data pribadi yang diminta oleh si penipu. Selanjutnya, penipu pun langsung melakukan aksinya, mengambilahli akun rekening perbankan korban dan menguras uang di rekening korban dengan sangat cepat. Hal seperti ini dikenal dengan penipuan online (Phishing).

Ada banyak penipuan seperti contoh diatas, tentu kita sebagai orang yang aktif dengan kegiatan online dan transaksi online perlu memiliki pengetahuan tentang modus penipuan online yang sering terjadi dan bagaimana cara menghindarinya.

Agar kita tidak menjadi calon korban penipuan phishing, mari kita pelajari lebih lanjut apa itu phishing dan tips supaya kita tidak tertipu.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X