Menangis itu Manusiawi, 5 Jurus Ampuh Menenangkan Seseorang yang Sedang Menangis

- 8 Oktober 2020, 11:56 WIB
Ilustrasi Menangis 10/08/2020 (klikdokter.com)
Ilustrasi Menangis 10/08/2020 (klikdokter.com) /

 

PORTALSURABAYA.com - Pernah melihat seseorang yang sedang menangis? Tentu sangat menyedihkan bukan? Pasti ada luka atau apapun dihatinya yang terasa menyakitkan sehingga membuat ia menangis. Dilansir dari Wikipedia, menangis adalah respon fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang.

Tangisan justru melegakan saat dilakukan, namun tetap saja seseorang yang sedang menangis harus ditenangkan. Maka dari itu, berikut ini adalah jurus-jurus ampuh menenangkan seseorang yang sedang menangis :

  1. Duduklah di Sampingnya, Buatlah ia Merasa Tidak Sendirian

Tunjukkan kepedulian dan empatimu kepadanya, duduklah disampingnya dan buatlah ia tidak merasa bahwa ia sendirian. Jika ia sudah menangis, artinya beban yang ia pikul sudah cukup berat dan menyakitkan.

Baca Juga : Jangan Terlambat, Ini 7 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua yang Dapat Kamu Lakukan

  1. Jadilah Pendengar yang Baik, Jika ia ingin Berbicara

Untuk meringankan kesakitan hatinya, ia kadangkala akan berbicara saat ia menangis. Dengarkanlah dengan seksama, tanggapi jika perlu, tunjukkan kepedulianmu kepadanya. Tanyakan maunya apa, masalahnya apa, bagaimana dan apa yang menyakiti hatinya. Bantu sebisa yang kamu mampu.

  1. Jangan Sok Tau, Apalagi Menghakimi

Maka dari itu, kita sebaiknya dapat mendengarkannya terlebih dahulu. Jangan mencoba sok tahu dan menghakiminya. Itu akan membuatnya semakin sakit hati, lalu justru semakin tidak tenang. Misal sesalah apapun dia, dengarkan terlebih dahulu runtutan ceritanya dan apa yang membuatnya sakit hati.

  1. Sementara, Hiburlah

Cara menghibur ini bermacam-macam. Jika situasinya memungkinkan, kamu bisa memberikan humor sedikit agar dia sedikit melupakan sakit hatinya. Ajaklah ia berbicara dan arahkan pembicaraan ke hal-hal yang menyenangkan dan lain sebagainya. Ini tentu bisa saja kamu lakukan, karena bagaimanapun menangis lama-lama juga tidak akan baik.

  1. Ambillah Inisiatif

Jika ia tetap saja menangis, kamu mungkin harus mengambil langkah atau inisiatif. Misalnya membelikannya sesuatu yang akan memperbaiki suasana hatinya seperti es krim, coklat, makanan-minuman kesukaan dia dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Miftahul Ummah


Terkini

X