Awas Pegadaian Swasta Ilegal, Berikut 50 Daftar Usahanya

- 26 September 2020, 13:34 WIB
Ilustrasi /

PORTALSURABAYA.com - Kondisi pandemi seperti sekarang tidak sedikit dari masyarakat kita kesulitan untuk mendapatkan dana tambahan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cara paling efektif, dengan menggadaikan barang berharga.

Meski demikian, kita wajib waspda dengan usaha gadai jika salah pilih bukan malah membantu untuk jadi solusi masalah, justeru malah akan menjadi permasalahan baru.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Waspada Investasi (SWI) menunjukkan, ada sekitar 50 usaha pegadaian swasta ilegal yang dilakukan tanpa izin dari OJK.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua SWI, Tongam L Tobing yang mengatakan, izin yang dimaksud adalah izin yang sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor: 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian (POJK).

Dalam ketentuan POJK tersebut, seluruh kegiatan usaha pegadaian swasta diwajibkan untuk mendaftarkan diri kepada Otoritas Jasa Keuangan dalam tenggat batas waktu 2 tahun sejak POJK tersebut terbit yaitu batas akhir Juli tahun 2019.

"Satgas Waspada Investasi meminta kepada masyarakat untuk tidak bertransaksi dengan usaha gadai swasta yang ilegal dan jika ingin melakukan transaksi dengan kegiatan usaha gadai agar dapat menggunakan usaha gadai yang terdaftar di OJK," kata Tongam dalam siaran pers, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Sudah Tahu Tentang Pajak Progresif? Begini Cara Menghitungnya

Tongam menuturkan, masyarakat bisa memperoleh informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dengan mengakses Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

"Satgas meminta agar masyarakat bisa berkonsultasi ataupun bertanya kepada OJK mengenai fintech lending ataupun tawaran investasi yang beredar ke Kontak OJK 157, WA 081157157157 atau email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id," ujarnya.

Halaman:

Editor: Argo Santoso


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X